Syariah RI Lebih Menonjol Ketimbang Timur Tengah

JAKARTA - Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Halim Alamsyah mengatakan sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar seharusnya Indonesia menjadi global trader syariah.

Total keuangan syariah Indonesia, disebutkan Halim, secara total masih dalam ranking ke-13 dari 25 peringkat terbesar di dunia dari data 2010.

"Walaupun industri keuangan syariah di Indonesia merupakan salah satu yang terbaik di dunia namun industri syariah baru masuk ke ranking 13 dari 25 peringkat terbesar dunia," ujar Halim di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (13/4/2012).

Bisnis modal maupun jenis usaha, menurut Halim lebih banyak tergantung di pasar modal. "Di Indonesia lebih banyak diarahkan kepada sektor riil. Jika dilihat ruhnya lebih menonjol dibanding di Timur Tengah," ungkap Halim.

Sampai saat ini ada beberapa calon bank baru yang akan bergerak di syariah. Mengingat pertumbuhan total aset syariah yang lebih besar dari pada nonsyariah.

"Ekspansi syariah tumbuh lebih pesat dalam dua tahun terakhir, ini disebabkan adanya kepastian hukum seperti UU sukuk yang menunjang perkembangan perbankan syariah," terang Halim.

Halim mengharapkan bank-bank syariah dapat berkompetisi dengan perbankan konvensional terutama dalam pemanfaatan teknologi. 
sumber : http://economy.okezone.com/read/2012/04/13/457/611206/syariah-ri-lebih-menonjol-ketimbang-timur-tengah


This entry was posted in . Bookmark the permalink.

One Response to Syariah RI Lebih Menonjol Ketimbang Timur Tengah